Konsep Geografi Menurut Hasil Seminar dan Lokakarya Peningkatan Kualitas Pengajaran Geografi 1988

  • Lokasi
  Lokasi adalah posisi suatu objek dalam ruang. lokasi dibedakan menjadi dua, yaitu lokasi absolut dan lokasi relatif. lokasi absolut adalah lokasi berdasarkan koordinat garis lintang dan garis bujur. adapun lokasi relatif adalah posisi suatu objek berdasarkan objek-objek lain di sekitarnya.
  • Jarak
Jarak sangat berkaitan dengan lokasi relatif karena jarak dapat menunjukkan lokasi antara satu objek dan objek lainnya, jarak dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu sebagai berikut.
  1. jarak geometrik. diukur dengan satuan meter,kilometer,dan sentimeter
  2. jarak waktu. diukur dengan satuan menit,jam,hari,dan tahun
  3. Jarak Ekonomi
Jarak geometrik,jarak waktu,jarak ekonomi,ketiganya saling memengaruhi. misalnya, jarak ratusan kilometer,jarak yang ditempuh(waktu) akan lama, dan biayanya akan mahal.
  • Keterjangkauan
Aksesibilitas adalah mudah tidaknya lokasi suatu objek ditempuh dari lokasi objek lainnya. aksebilitas dipengaruhi oleh lokasi, jarak, dan topografi. misal: aksebilitas akan mudah jika dari dataran rendah ke dataran rendah dibandingkan ke daerah pegunungan
  • Perbedaan Wilayah
Setiap wilayah memiliki perbedaan, baik kondisi alam maupun manusia. perbedaan tersebut mengakibatkan adanya interaksi atau keterkaitan antarwilayah.
  • Keterkaitan keruangan
Suatu wilayah berhubungan dengan wilayah lainnya. jika dikaji melalui peta, maka terdapat keterkaitan antara wilayah A,B,C,dan D
  • Morfologi
Morfologi adalah bentuk permukaan bumi sebagai hasil proses alam dan hubungannya dengan aktivitas manusia. misalnya daerah perbukitan merupakan daerah yang rawan terhadap bahaya longsor.
  • Aglomerasi
Aglomerasi adalah pengelompokkan penduduk dan aktivitasnya pada suatu daerah. misalnya enam puluh delapan persen industri tekstil Indonesia berada di Bandung. Penduduk cenderung mengelompok berdasarkan tingkat ekonomi hingga timbul sebutan daerah elit dan daerah kumuh
  • Nilai Kegunaan
Manfaat suatu sumber daya alam mempunyai nilai tersendiri bagi orang yang menggunakannya. misalnya, taman nasional ujungkulon banyak dikunjungi ilmuan untuk penelitian
  • Interaksi dan Interdepedensi
Setiap wilayah tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri, tetapi akan memerlukan hubungan(interaksi) dengan wilayah lain hingga memunculkan adanya saling ketergantungan(interdepedensi)
  • Pola
Pola adalah bentuk khas dari interaksi manusia dengan alam, alam dengan alam, maupun manusia dengan manusia. Misalnya, Pola permukiman terkait dengan bentuk lahan, sungai, dan jalan(Manusia-Alam). Pola aliran sungai sangat berkaitan dengan morfologi struktur batuan(Alam-Alam).

0 komentar