Paham-Paham dalam Ilmu Geografi Serta Tokohnya

   Pada perkembangan Ilmu Geografi muncul beberapa paham, yaitu paham fisis derminis dan paham posibilis. pada mulannya ahli geografi menganut paham fisis determinis. paham fisis determinis berpendapat bahwa keadaan alam suatu wilayah menentukan sifat,karakter, dan pola hidup penduduk di wilayah tersebut. Tokoh geografi yang menganut paham fisis determinis, adalah Karl Ritterm Friederich Ratzel, dan Elsworth Huntington.
   Paham fisis determinis dipengaruhi oleh pemikiran Charles Darwin dengan teori evolusi biologi dalam perkembangan makhluk hidup. sebagai contoh, Ratzel(Jerman) menganggap negara sebagai organisasi hidup(Makhluk Hidup) yang dalam perkembangannya memerlukan makanan,minuman dan ruang bagi kehidupan.
   Dalam memenuhi kebutuhan, negara pada umumnya mencari dan mengasai wilayah-wilayah lain disekitarnya, terutama wilayah yang lemah. Ellsworth Huntington(Amerika) berpendapat bahwa kondisis iklim suatu wilayah sangat menentukan tingkat kemajuan sosial budaya penduduknya.
   Paham fisis determinis banyak ditentang oleh kelompok yang beraliran posibilis, Adapun paham posibilis berpendapat bahwa alam hanya menawarkan beberapa kemungkinan terhadap manusia. Manusia memiliki akal dan pikiran untuk memperbaiki kehidupannya melalui kemungkinan yang ditawarkan alam. menurut aliran ini, faktor yang dominan sangat menentukan kemajuan suatu wilayah adalah tingkat kemampuan penduduk. adapun alam hanya memberikan kemungkinan-kemungkinan untuk diolah dan dimanfaatkan bagi kehidupan manusia. contoh tokoh penganut aliran ini adalah Paul Vidal de la Blache.

0 komentar