Definisi Geografi Menurut Para Ahli

   Ada banyak sekali definisi geografi yang dikemukakkan oleh para ahli. banyaknya definisi geografi tersebut dipengaruhi oleh latar belakang kahlian mereka.

  1. Erasthothenes mengemukakkan bahwa geografi adalah ilmu yang menguraikan tentang bumi
  2. Claudius Ptoleumaeus mengemukakkan bahwa geografi adalah suatu penyajian dengan peta dari sebagian permukaan bumi yang menunjukkan ketampakan umum yang terdapat padanya.
  3. Karl Ritter mengemukakkan bahwa geografi adalah studi tentang daerah yang berbeda-beda di permukaan bumi.
  4. James E. Preston mengemukakkan bahwa geografi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara manusia dan lingkungannya.
  5. Huntington mengemukakkan bahwa geografi merupakan studi tentang alam dan persebarannya, melalui hubungan antara lingkungan dan akivitas atau kualitas manusia.
  6. R. Bintarto mengemukakkan bahwa geografi mempelajari hubungan gejala-gejala di permukaan bumi dan peristiwa-peristiwa di permukaan bumi, baik secara fisik maupun berkaitan dengan makhluk hidup serta permasalahannya.
  7. Hasil Seminar dan Lokakarya Peningkatan Kualitas Pengajaran Geografi 1988 mengemukakkan bahwa geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan atau kewilayahan dalam konteks keruangan.

1 komentar: